A. Akuntansi Komperatif di Amerika
- Akuntansi Di Amerika Serikat
Akuntansi di
Amerika Serikat diatur badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan
(Financial Accounting Standard Board – FASB), akan tetapi yang menjadi
penyokong kewenangan terhadap standardisasi mereka adalah agensi kepemerintahan
Komisi Keamanan dan Kurs (Securities and Exchange Commision – SEC).
Sistem yang
dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi
mengenai laporan audit periodic keuangan. Perusahaan di Amerika Serikat
dibentuk di bawah hokum Negara, bukan hokum federal. Setiap Negara bagian
memiliki peraturan dasar perusahaan tersendiri secara umum, peraturan tersebut
mengandung persyaratan minimal untuk menjaga catatan akuntansi serta publikasi
periodic laporan keuangan.
SEC memiliki
yurisdiksi terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS
serta perusahaan yang berdagang over-the-counter? Perusahaan yang
memiliki keuangan terbatas tidak memiliki kewajiban persyaratan untuk laporan
keuangan, yang membuat Amerika Serikat terlihat ganjil dalam norma
internasional. SEC memiliki
kewenangan penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada
perusahaan public akan tetapi bergantung pada sektor swasta dalam penerapan
standardisasi tersebut. Oleh karena itu, SEC merupakan agensi regulator yang
independen, kongres serta presiden tidak memiliki pengaruh secara langsung
terhadap kebijakan yang mereka buat.
FASB
dibentuk pada tahun 1973 dan pada Desember 2006 telah mengeluarkan Laporan
Standar Akuntansi Keuangan 158 (158 Statement
of Financial Accounting Standard – SAFSs). Tujuan SFASs adalah untuk
menyediakan informasi yang berguna untuk para investor baik yang telah maupun
yang berpotensi menjadi investor, kreditor, dan lainnya yang memutuskan untuk
mengambil kredit, investasi, dan sebagainya. FASB menjalani proses prosedur
yang panjang sebelum mengeluarkan SFAS.
Ø Laporan
Keuangan
Tipe laporan keuangan tahunan pada
perusahaan besar di AS memiliki beberapa komponan di bawah ini :
1.
Laporan manajamen
2.
Laporan audit independen
3.
Laporan keuangan primer (laporan laba rugi, neraca,
laporan arus kas, laba rugi komprehensif, perubahan ekuitas pemegang saham).
4.
Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan
kondisi keuangan.
5.
Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak
yang paling kritis pada laporan keuangan
6.
Catatan atas laporan
7.
Perbandingan data keuangan selama lima atau sepuluh
tahun.
8.
Data triwulan terpilih.
Ø Patokan Akuntansi
Peraturan
patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus
berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar perhitungan akrual cukup meresap,
serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat bergantung
pada konsep yang cocok.
Amerika
Serikat bergantung pada harga perolehan untuk menilai asset berwujud dan asset
tidak berwujud. Penyesuaian nilai mata uang hanya diperbolehkan setelah ada
penggabungan bisnis (dihitung sebagai pembelian). Metode akselerasi
ataupun straight-line keduanya diperbolehkan. Estimasi umur
ekonomis digunakan untuk menentukan periode penyusutan dan amortisasi. Seluruh
biaya penelitian dan pengembangan dibebankan saat terjadinya walaupun terdapat
aturan khusus kapitalisasi untuk biaya software computer. LIFO, FIFO,
dan metode biaya rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara luas untuk
penetapan harga persediaan. Surat-surat berharga yang dapat dipasarkan memiliki
nilai di pasar jika surat-surat tersebut termasuk dalam held-to-maturity dan
dinilai pada harga perolehan.
Saat financial
lease menjadi bahan dalam pembelian properti, nilai properti tersebut
dikapitalisasi dan korespondensi kewajiban dibukukan. Biaya pensiun dan
keuntungan lain setelah masa pensiun diakui selama periode tertentu dimana para
pegawai mendapatkan keuntungan, serta kewajiban tanpa dana dilaporkan sebagai
kewajiban. Kerugian bersyarat/kewajiban diakui saat ada kemungkinan terealisasi
dan jumlahnya dapat diestimasi. Teknik memanipulasi pendapatan tidak
diperbolehkan.Pendapatan pajak dihitung menggunakan metode kewajiban. Pajak
yang ditangguhkan diakui karena pengaruh perbedaan sementara antara metode
akuntansi pajak dengan keuangan, serta dihitung berdasarkan tingkat pajak yang
akan datang yanga kan digunakan saat item tersebut kembali. Dibutuhkan
alokasi pendapatan pajak yang komprehensif.
- Meksiko
Meksiko
memiliki Free–Market ekonomi yang besar: Perusahaan milik
pemerintah atau yang dikontrol perusahaan mengusai industri perminyakan dan
sarana umum, sedangkan perusahaan swasta mendominasi prabrik, konstruksi,
tambang, hiburan, serta industri pelayanan. Perjanjian yang paling penting bagi
Meksiko adalah North America Free Trade Agereement (NAFTA), yang
ditandatangani oleh Kanada dan Amerika Serikat pada tahun 1994. Hampir
60% untuk perdagangan impor dan 90% untuk ekspor Meksiko berasal dari Amerika
Serikat. Meksiko merupakan negara dengan perekonomian tersebar kedua belas
(dalam hal produk domestik bruto).
NAFTA
memberikan trend baru mengenai kerja sama yang lebih kuat antara organisasi
akuntansi Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat. Sekarang, bentuk pengaturan
standardisasi akuntansi ketiga negara tersebut berkomitmen pada program
harmonisasi dan mencoba untuk selalu bekerja sama. Sebagai pendiri International
Accounting Standards Kommittee (sekarang menjadi International
Accounting Standards Board). Meksiko juga berkomitmen untuk bekerja sama
dengan IFRS. Sekarang Meksiko menurut IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan
permasalahan akuntansi yang muncul, terutama dalam kasus dimana tidak tercantum
dalam standardisasi Meksiko.
Ø Regulasi dan
Pelaksanaan Akuntansi
Mexican
Commercial Code dan hukum pendapatan pajak mengandung persyaratan
untuk menjaga kumpulan data pembukuan tertentu dan mempersipkan laporan
keuangan, akan tetapi pengaruh mereka terhadap laporan keuangan secara umum
tidaklah lebih besar.
Mexican
Instituite of Public Accounting Tants (Instituto Mexicano De Ontadores Pulicos)
mengeluarkan standardisasi proses audit melalui
Auditing Standards and Procegjures Commision. Institute tersebut, federasi negara bagian, Assosiasi sosial yang terdaftar sebagai akuntan publik merupakan assosiasi pergerakan independen profesional non-pemerintah yang mewakili banyaknya akuntan publik besar. Profesi akuntansi di Meksiko sudah berkembang, teratur dan dihormati oleh komunitas bisnis. Walaupun sistem yang legal berdasarkan pada hukum publik, pengaturan standardisasi akuntansi di Meksiko menggunakan pendekatan sistem Inggris-Amerika, atau Anglo-Saxon dari pada pendekatan Eropa Kontingental. Proses pengaturan standardisasinya berkembang dengan baik. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, serta dapat diaplikasikan disemua bidang bisnis. Pada beberapa kasus, national banking and securities commission mengeluarkan peraturan bagi perusahaan terdaftar yang membatasi beberapa pilihan dalam menerima prinsip pembukuan yang berlaku secara umum.
Auditing Standards and Procegjures Commision. Institute tersebut, federasi negara bagian, Assosiasi sosial yang terdaftar sebagai akuntan publik merupakan assosiasi pergerakan independen profesional non-pemerintah yang mewakili banyaknya akuntan publik besar. Profesi akuntansi di Meksiko sudah berkembang, teratur dan dihormati oleh komunitas bisnis. Walaupun sistem yang legal berdasarkan pada hukum publik, pengaturan standardisasi akuntansi di Meksiko menggunakan pendekatan sistem Inggris-Amerika, atau Anglo-Saxon dari pada pendekatan Eropa Kontingental. Proses pengaturan standardisasinya berkembang dengan baik. Prinsip akuntansi Meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, serta dapat diaplikasikan disemua bidang bisnis. Pada beberapa kasus, national banking and securities commission mengeluarkan peraturan bagi perusahaan terdaftar yang membatasi beberapa pilihan dalam menerima prinsip pembukuan yang berlaku secara umum.
Persyaratan
yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan audit berbeda-beda,
tergantung pada tipe dan ukuran perusahaan. Semua perusahaan yang berada
dibawah hukum Meksiko (sociedades anonimas) harus menunjuk minimal satu
auditor berwenang untuk melapor pada para pemegang saham terkait laporan
keuangan tahunan.
Ø Laporan
Keuangan
Perbandingan
laporan keuangan gabungan yang harus disiapkan yaitu:
1.
Neraca
2. Laporan laba
rugi
3. Laporan
perubahan ekiutas pemegang saham
4. Laporan
perubahan posisi keuangan
5. Catatan
Catatan adalah bagian yang
melengkapi laporan atas perubahan posisi keuangan (yang dibantu oleh laporan
auditor) yaitu antara lain:
a. Kebijakan
akuntansi pada perusahaan
b. Katersediaan
material
c. Komitmen
untuk pembelian saham substansial atau di bawah hak kontrak
d. Penjelesan
mendetail mengenai utang jangka panjang dan kurs mata uang asing.
e. Batasan
dividen
f. Jaminan
g. Rencana
pension pegawai
h. Transaksi
dengan perusahaan sejawat
i.
Pajak
Ø Patokan
Akuntansi
Metode
pembelian digunakan untuk menghitung bisnis gabungan. Goodwill
merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang asset bersih
yang didapatkan. Hal tersebut tidak diamortisasi, tetapi merupakan subjek untuk
melakukan pengujian penurunan nilai.
Akuntansi
tingkat harga umum telah digunakan Meksiko. Harga perolehan dari asset
non moneter disajikan ulang dalam peso terhadap kekuatan pembelian saat ini
dengan menggunakan factor yang diturunkan dari National Consumer Price
Index (NCPI). Keuntungan atau kerugian yang didapatkan karena menahan
aset moneter dan utang yang dimaksudkan sebagai pendapatan periode berjalan,
akan tetapi pengaruh penyajian ulang tersebut adalah pada ekuitas pemegang
saham. Aset berwujud akan didepresiasi berdasarkan masa manfaat/kegunaannya.
Aset tidak berwujud diamortisasi berdsarkan masa manfaatnya (tidak lebih dari
20 tahun) kecuali manfaatnya tidak terbatas, dimana kasusnya tidak diamortisasi
melainkan bergantung pada tes penurunan nilai tahunan.
Sumber :
Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi
Internasional – Buku 1, Edisi 5., Salemba Empat, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar