Minggu, 11 Juni 2017

3.3 Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility)



Menurut Hackston dan Milne dalam Sembiring (2005), tangggung jawab sosial perusahaan sering disebut juga sebagai corporate social responsibility atau social disclosure, corporate social reporting, social reporting merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan.
Menurut Gray et. al dalam Sembiring (2005) ada dua pendekatan yang secara signifikan berbeda dalam melakukan penelitian tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pertama, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan mungkin diperlakukan sebagai suatu suplemen dari aktivitas akuntansi konvensional. Pendekatan ini secara umum akan menganggap masyarakat keuangan sebagai pemakai utama pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan cenderung membatasi persepsi tentang tanggung jawabsosial yang dilaporkan. Pendekatan alternatif kedua dengan meletakkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada suatu pengujian peran informasi dalam hubungan masyarakat dan organisasi. Pandangan yang lebih luas ini telah menjadi sumber utama kemajuan dalam pemahaman tentang pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan sekaligus merupakan sumber kritik yang utama terhadap pengungkapan tanggung jawab social perusahaan.
Pengungkapan tanggung jawab sosial diukur dengan proksi CSRDI (corporate social responsibility disclosure index) berdasarkan indikator GRI (global reporting initiatives). Pengukuran CSRDI mengacu pada penelitian Haniffa, dkk (2005) dalam Dewi (2013), yang menggunakan contentanalysis dalam mengukur variety dari CSRDI. Pendekatan ini pada dasarnya menggunakan pendekatan dikotomi yaitu setiap item CSR dalam instrument penelitian diberi nilai 1 jika diungkapkan, dan nilai 0 jika tidak diungkapkan.Selanjutnya, skor dari setiap item dijumlahkan untuk memperoleh keseluruhan skor untuk setiap perusahaan.
  
Jurnal Penelitian yang berkaitan dengan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Sebagai berikut :


No

Peneliti dan Judul Penelitian
Variabel
Alat Analisis
Hasil Penelitian
1.

Novita Indrawati
(2009)
Fakultas Ekonomi, Universitas Riau
Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report Serta Pengaruh  Political Visibility dan Economic Performance

Variabel Dependen dan Variabel Independen .
Dimana :
Y   = CSR
X1 = Political
         Visibility
X2 = Size
X3 = Profile
X4 = Economic
        Performance
Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Dan ada beberapa tahap dalam melakukan analisis regresi linear berganda yaitu dengan menggunakan uji durbin watson, uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis.

Pada penelitian ini diajukan tiga hipotesis, dan semua variabel berhasil dibuktikan oleh data penelitian. Hal ini membuktikan semakin besar ukuran perusahaan, maka pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) yang dibuat akan cenderung semakin luas. Hasil penelitian ini juga membuktikan terdapat hubungan sistematis antara tipe industri (profile) perusahaan dengan pengungkapan CSR.
2.
Anggara Fahrizqi
(2010)
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang
Faktor–factor  yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)
Variabel Dependen dan Variabel Independen.
Dimana :
Y = CSR
X1 = Size
X2 = Profitabilitas
X3 = Leverage
X4 = Ukuran
         Dewan Komisaris

Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Dan ada beberapa tahap dalam melakukan analisis regresi linear berganda yaitu dengan melakukan 4 uji dari variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan software SPSS.
      
Secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan arah positif dan secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan arah positif lalu secara parsial leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sedangkan secara parsial ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan CSR.







No

Peneliti dan Judul Penelitian
Variabel
Alat Analisis
Hasil Penelitian
3.
Rahmi Syafitri, Alimuddin, Yohanis Rura
(2010)
Magister Sains Akuntansi, Universitas Hasanuddin, Makassar
Faktor - faktor yang Memengaruhi  Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Laporan Tahunan Perusahaan di Bursa Efek  Indonesia

Variabel Dependen dan Variabel Independen.
Dimana :
Y = CSR
X1 = Profitabilitas
X2 = Leverage
X3 = Size
X4 = Tipe Industri
X5 = Kepemilikan Institusional
X6 = Kepemilikan Asing
Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Untuk mengolah data digunakan program SPSS 17. Dan juga menggunakan Uji Paired T-test.
 
Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Selanjutnya, leverage, size perusahaan, tipe industry, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Berdasarkan pengujian hipotesis ke tujuh dengan menggunakan analisis uji beda t-test membuktikan bahwa secara statistik terdapat perbedaan luas pengungkapan CSR yang signifikan antara sebelum dan sesudah di berlakukannya UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.      


Referensi :
Novita Indrawati. 2009. “Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report Serta Pengaruh  Political Visibility dan Economic Performance”, Jurnal Ekonomi, Universitas Riau.
Anggara Fahrizqi. 2010. “Faktor–factor  yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)”, Skripsi FE Universitas Diponegoro.
Rahmi Syahfitri, Alimuddin, dan Yohaanis Rura. 2010. “Faktor-faktor yang Memengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Laporan Tahunan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Tesis Universitas Hasanuddin
Eddy Sembiring. 2005. “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan tanggung Jawab Sosial : Study Empiris Pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta”, Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4.1 Akuntansi Internasional & Perpajakan

A. KONSEP-KONSEP AWAL  Simpang siurnya undang-undang dan regulasi yang mengatur perpajakan perusahaan-perusahaan asing dan keuntungan...