Menurut Hackston dan Milne dalam Sembiring (2005),
tangggung jawab sosial perusahaan sering disebut juga sebagai corporate
social responsibility atau social disclosure, corporate social
reporting, social reporting merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial
dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang
berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan.
Menurut Gray et. al dalam Sembiring (2005) ada dua
pendekatan yang secara signifikan berbeda dalam melakukan penelitian tentang
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pertama, pengungkapan tanggung
jawab sosial perusahaan mungkin diperlakukan sebagai suatu suplemen dari aktivitas
akuntansi konvensional. Pendekatan ini secara umum akan menganggap masyarakat
keuangan sebagai pemakai utama pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan
dan cenderung membatasi persepsi tentang tanggung jawabsosial yang dilaporkan.
Pendekatan alternatif kedua dengan meletakkan pengungkapan tanggung jawab
sosial perusahaan pada suatu pengujian peran informasi dalam hubungan
masyarakat dan organisasi. Pandangan yang lebih luas ini telah menjadi sumber
utama kemajuan dalam pemahaman tentang pengungkapan tanggung jawab sosial
perusahaan dan sekaligus merupakan sumber kritik yang utama terhadap
pengungkapan tanggung jawab social perusahaan.
Pengungkapan tanggung jawab sosial diukur dengan
proksi CSRDI (corporate social responsibility disclosure index) berdasarkan
indikator GRI (global reporting initiatives). Pengukuran CSRDI mengacu
pada penelitian Haniffa, dkk (2005) dalam Dewi (2013), yang menggunakan contentanalysis
dalam mengukur variety dari CSRDI. Pendekatan ini pada dasarnya menggunakan
pendekatan dikotomi yaitu setiap item CSR dalam instrument penelitian diberi
nilai 1 jika diungkapkan, dan nilai 0 jika tidak diungkapkan.Selanjutnya, skor
dari setiap item dijumlahkan untuk memperoleh keseluruhan skor untuk setiap
perusahaan.
Jurnal
Penelitian yang berkaitan dengan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan,
Sebagai berikut :
No
|
Peneliti dan Judul
Penelitian
|
Variabel
|
Alat Analisis
|
Hasil Penelitian
|
|
1.
|
Novita Indrawati
(2009)
Fakultas Ekonomi,
Universitas Riau
Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report Serta Pengaruh Political Visibility dan Economic
Performance
|
Variabel Dependen dan
Variabel Independen .
Dimana :
Y = CSR
X1 = Political
Visibility
X2 = Size
X3 = Profile
X4 = Economic
Performance
|
Metode analisis data
menggunakan regresi linear berganda. Dan ada beberapa tahap dalam melakukan
analisis regresi linear berganda yaitu dengan menggunakan uji durbin watson,
uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis.
|
Pada
penelitian ini diajukan tiga hipotesis, dan semua variabel berhasil
dibuktikan oleh data penelitian. Hal ini membuktikan semakin besar ukuran
perusahaan, maka pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) yang dibuat akan
cenderung semakin luas. Hasil penelitian ini juga membuktikan terdapat
hubungan sistematis antara tipe industri (profile) perusahaan dengan
pengungkapan CSR.
|
|
2.
|
Anggara Fahrizqi
(2010)
Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro Semarang
Faktor–factor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris
pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)
|
Variabel Dependen dan
Variabel Independen.
Dimana :
Y = CSR
X1 = Size
X2 = Profitabilitas
X3 = Leverage
X4 = Ukuran
Dewan Komisaris
|
Metode analisis data
menggunakan regresi linear berganda.
Dan ada beberapa tahap dalam
melakukan analisis regresi linear berganda yaitu dengan melakukan 4 uji dari
variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan software
SPSS.
|
Secara parsial ukuran perusahaan
berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan arah positif dan secara parsial
profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR dengan arah positif lalu
secara parsial leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR
sedangkan secara parsial ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap
Pengungkapan CSR.
|
|
No
|
Peneliti dan Judul Penelitian
|
Variabel
|
Alat Analisis
|
Hasil Penelitian
|
3.
|
Rahmi Syafitri, Alimuddin, Yohanis Rura
(2010)
Magister Sains Akuntansi, Universitas Hasanuddin, Makassar
Faktor - faktor yang Memengaruhi
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Laporan Tahunan
Perusahaan di Bursa Efek Indonesia
|
Variabel Dependen dan Variabel Independen.
Dimana :
Y = CSR
X1 =
Profitabilitas
X2 =
Leverage
X3 = Size
X4 = Tipe
Industri
X5 = Kepemilikan
Institusional
X6 = Kepemilikan Asing
|
Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Untuk mengolah
data digunakan program SPSS 17. Dan juga menggunakan Uji Paired T-test.
|
Berdasarkan hasil penelitian profitabilitas berpengaruh positif terhadap
pengungkapan CSR. Selanjutnya, leverage, size perusahaan, tipe industry,
kepemilikan institusional dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap
pengungkapan CSR. Berdasarkan pengujian hipotesis ke tujuh dengan menggunakan
analisis uji beda t-test membuktikan bahwa secara statistik terdapat
perbedaan luas pengungkapan CSR yang signifikan antara sebelum dan sesudah di
berlakukannya UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
|
Referensi :
Novita Indrawati. 2009. “Pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report Serta Pengaruh Political Visibility dan Economic
Performance”, Jurnal Ekonomi, Universitas Riau.
Anggara
Fahrizqi. 2010. “Faktor–factor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris
pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)”,
Skripsi FE Universitas Diponegoro.
Rahmi Syahfitri, Alimuddin, dan Yohaanis Rura. 2010. “Faktor-faktor yang Memengaruhi Pengungkapan
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Laporan Tahunan Perusahaan di Bursa Efek
Indonesia”, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Tesis Universitas
Hasanuddin
Eddy Sembiring. 2005. “Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan tanggung Jawab Sosial : Study
Empiris Pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta”, Simposium Nasional Akuntansi VIII.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar