Minggu, 17 November 2013

Bisnis Batik Online



BISNIS BATIK ONLINE


Nama :      Yuni Rido Asih
NPM :       29213594
Kelas :      1EB20

I.           PENDAHULUAN

          Bisnis online sekarang telah meramaikan perdagangan dengan adanya teknologi yang begitu canggih menyetarakan perkembangan zaman. Bisnis online cara yang tepat untuk lebih banyak mempromosikan hasil desain ataupun yang dijual belikan.
Kegiatan berbisnis online bisa dilakukan kapanpun dan dari manapun,asalkan koneksi internet tersedia.
Bisnis online tidak semuanya berjalan lancar pasti ada sebuah kendala dan tidak memastikan semua seller yang berbisnis online akan pasti sukses. Kesuksesan seller terletak bagaimana cara dia memaksimalkan faktor-faktor pendukung bisnis di dunia maya.
misalnya desain baju batik yang sekarang ini akan saya bahas dalam artikel yang berjudul “ Bisnis batik Online”

II.        ISI
Dalam berbisnis kita harus memiliki strategi-strategi tersendiri :
Pertama,stategi hemat waktu dimana kita dapat memanfaatkan sosial media agar produk batik tersebut dapat dilihat oleh banyak orang yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan budaya indonesia, biasanya baju batik banyak dijual di beberapa toko ataupun di mall-mall. apabila tidak mau menggunakan langkah lama didalam berjualan baju, kita dapat memakai media online sebagai fasilitas untuk kita berjualan. pada prinsipnya beragam jenis langkah berjualan tujuannya yaitu sama, yaitu keduanya sama melacak customer. serta sekarang ini customer bukan sekedar dapat kita dapatan didunia nyata.
Untuk itu sangat tepat sekali jika saya memberi tahukan kepada khalayak bahwa baju batik tidak hanya dipakai untuk acara-acara formal saja,namun dalam keseharian pun kita bisa menggunakan baju batik,disamping kemajuan desain batik yang begitu bagus, menjadikan semua orang bisa menyukai desain-desain batik yang ada.

Kedua,menghemat uang maksudnya dalam bisnis modal yang sedikitpun kita bisa membangun usaha pribadi berbasis internet dengan adanya akun sosial media yang gratis memudahkan dalam mempromosikan batik tanpa menggeluarkan uang sedikitpun,dan selalu mengupload desain batik yang terbaru,sehingga konsumen pun tidak bosan dengan desain yang lama, kesan klasik pada batik juga  membuat beberapa pemakainya jadi sesuatu kebanggaan tersendiri. batik lalu dapat didapat dimulai dari harga yang termurah hingga harga yang termahal. kemajuan batik sekarang ini sangat pesat,ada batik yang dibuat dengan lilin sebagai kerajinan tanggan,ada yang dibuat dengan cara mengecap dan ada juga dengan suatu aplikasi dalam komputer yang khusus untuk mendesain batik,harganya pun tergantung dari kesulitan serta hasil desain yang dibuat.

Ketiga,hemat tenaga apabila seller bisa menggunakan sosial media secara maksimal maka dapat memudahkan dalam proses distribusi barang atau jasa kepada konsumen. jenis type batik cocok segmen pasar yang kita bidik. Contohnya jika kita ingin memasarkan product baju batik untuk acara formal, maka kita dapat membidik calon customer umur 30 ke atas. memasarkannya melalui fanpage di facebook yang dikelola dengan baik, maka kita dapat mengoptimalkan jumlah pengunjung di fanpage kita. Mengunggah gambar tentang product batik yang kita akan jual di fanpage facebook dan jejaring sosial lainnya,serta dapat mebuat product batik yang kita jual makin dikenal oleh beberapa orang.



III.     PENUTUP
Dari faktor-faktor diatas memberikan efek bagaimana cara  berbisnis dan dapatmemperkenalkan budaya indonesia dengan mudah kepada konsumen asalkan dapat menggunakan sosial media yang ada dan bisnis batik dapat memberikan pencerahaan dengan model desain yang selalu update membuat seseorang akan semakin mencintai produk dalam negeri serta bisa membantu prekomonian indonesia yang saat ini sedang terpuruk. Jangan sampai budaya kita direbut oleh negara lain.

IV.       DAFTAR PUSTAKA


-         Pengantar Bisnis – Murti Sumarni & John Soeprihanto Edisi ke Lima


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4.1 Akuntansi Internasional & Perpajakan

A. KONSEP-KONSEP AWAL  Simpang siurnya undang-undang dan regulasi yang mengatur perpajakan perusahaan-perusahaan asing dan keuntungan...