BISNIS
BATIK ONLINE
Nama : Yuni Rido Asih
NPM : 29213594
Kelas : 1EB20
I.
PENDAHULUAN
Kegiatan berbisnis online bisa dilakukan kapanpun
dan dari manapun,asalkan koneksi internet tersedia.
Bisnis online tidak
semuanya berjalan lancar pasti ada sebuah kendala dan tidak memastikan semua
seller yang berbisnis online akan pasti sukses. Kesuksesan seller terletak
bagaimana cara dia memaksimalkan faktor-faktor pendukung bisnis di dunia maya.
misalnya desain baju batik yang sekarang ini akan
saya bahas dalam artikel yang berjudul “ Bisnis batik Online”
II.
ISI
Dalam berbisnis kita harus
memiliki strategi-strategi tersendiri :
Pertama,stategi hemat
waktu dimana kita dapat memanfaatkan sosial media agar produk batik tersebut
dapat dilihat oleh banyak orang yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan
memperkenalkan budaya indonesia, biasanya baju batik banyak dijual di
beberapa toko ataupun di mall-mall. apabila tidak mau menggunakan langkah lama
didalam berjualan baju, kita dapat memakai media online sebagai fasilitas untuk
kita berjualan. pada prinsipnya beragam jenis
langkah berjualan tujuannya yaitu sama, yaitu keduanya sama melacak customer.
serta sekarang ini customer bukan sekedar dapat kita dapatan didunia nyata.
Untuk itu sangat tepat sekali jika saya memberi tahukan kepada khalayak bahwa baju batik tidak hanya dipakai untuk acara-acara formal saja,namun dalam keseharian pun kita bisa menggunakan baju batik,disamping kemajuan desain batik yang begitu bagus, menjadikan semua orang bisa menyukai desain-desain batik yang ada.
Untuk itu sangat tepat sekali jika saya memberi tahukan kepada khalayak bahwa baju batik tidak hanya dipakai untuk acara-acara formal saja,namun dalam keseharian pun kita bisa menggunakan baju batik,disamping kemajuan desain batik yang begitu bagus, menjadikan semua orang bisa menyukai desain-desain batik yang ada.
Kedua,menghemat uang
maksudnya dalam bisnis modal yang sedikitpun kita bisa membangun usaha pribadi
berbasis internet dengan adanya akun sosial media yang gratis memudahkan dalam
mempromosikan batik tanpa menggeluarkan uang sedikitpun,dan selalu mengupload
desain batik yang terbaru,sehingga konsumen pun tidak bosan dengan desain yang
lama,
kesan klasik pada batik juga membuat
beberapa pemakainya jadi sesuatu kebanggaan tersendiri. batik lalu dapat
didapat dimulai dari harga yang termurah hingga harga yang termahal. kemajuan batik
sekarang ini sangat pesat,ada batik yang dibuat dengan lilin sebagai kerajinan
tanggan,ada yang dibuat dengan cara mengecap dan ada juga dengan suatu aplikasi
dalam komputer yang khusus untuk mendesain batik,harganya pun tergantung dari
kesulitan serta hasil desain yang dibuat.
Ketiga,hemat tenaga
apabila seller bisa menggunakan sosial media secara maksimal maka dapat
memudahkan dalam proses distribusi barang atau jasa kepada konsumen. jenis type batik
cocok segmen pasar yang kita bidik. Contohnya jika kita ingin memasarkan product
baju batik untuk acara formal, maka kita dapat membidik calon customer umur 30
ke atas. memasarkannya melalui fanpage di facebook yang dikelola dengan baik,
maka kita dapat mengoptimalkan jumlah pengunjung di fanpage kita. Mengunggah
gambar tentang product batik yang kita akan jual di fanpage facebook dan
jejaring sosial lainnya,serta dapat mebuat product batik yang kita jual makin
dikenal oleh beberapa orang.
III.
PENUTUP
Dari faktor-faktor diatas
memberikan efek bagaimana cara berbisnis
dan dapatmemperkenalkan budaya indonesia dengan mudah kepada konsumen asalkan
dapat menggunakan sosial media yang ada dan bisnis batik dapat memberikan
pencerahaan dengan model desain yang selalu update membuat seseorang akan
semakin mencintai produk dalam negeri serta bisa membantu prekomonian indonesia
yang saat ini sedang terpuruk. Jangan sampai budaya kita direbut oleh negara
lain.
IV.
DAFTAR PUSTAKA
-
Pengantar Bisnis – Murti Sumarni
& John Soeprihanto Edisi ke Lima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar