Tugas
Minggu ke 12
Nama
Kelompok :
Ani Findriyanti ( 21213039 )
Aulia Rahmi (
21213508 )
Yuni Rido Asih (
29213594 )
Kelas : 1EB20
1.
Jelaskan pengertian tanggung jawab sosial suatu bisnis
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau suatu bisnis adalah suatu tanggung jawab yang harus di lakukan
dalam suatu lingkungan perusahaan bisnis untuk menciptakan solidaritas yang
tinggi dalam bernisnis.
Dorongan tanggung jawab social
suatu bisnis :
a. Penerapan
manajemen orientasi kemanusian
Manfaat
penerapan manajemen orientasi kemanusiaan
Penerapan akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, manfaat tersebut adalah :
Penerapan akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, manfaat tersebut adalah :
·
Peningkatan
moral kerja karyawan yang berakibat membaiknya semangat dan produktivitas kerja
·
Adanya
partisipasi bawahan dan timbulnya rasa ikut memiliki sehingga tercipta kondisi
manajemen partisipasif.
·
Penurunan
absen karyawan yang disebabkan kenyaman kerja sebagai hasil hubungan kerja yang
menyenangkan dan baik.
·
Peningkatan
mutu produksi yang diadakan oleh terbentuknya rasa percaya diri karyawan.
·
Kepercayaan
konsumen yang meningkatkan dan merupakan dasar bagi perkembangan selanjutnya
dari perusahaan.
b. Ekologi
dan gerakan pelestarian lingkungan
Manfaat ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan adalah :
·
Memperoleh
perhatian and tindakan nyata dari kalangan bisnis terhadap keluhan konsumen
atas praktek bisnisnya
·
Pelaksanaan
strategi advertensi/periklanan yang realistic dan mendidik serta tidak
menyesatkan masyarakat.
·
Disenggarakan
panel-panel diskusi antara wakil konsumen dengan produsen
·
Pelayalan
purna jual lebih baik
·
Berjalannya
proses public relation ( PR ) yang lebih menitikberatkan pada kepuasa konsumen
dari pada promosi semata.
2.
Berikan
1 contoh perusahaan universal yang di maksud dengan
“ COORPORATE SOCIABILITY
RESPONSIBILITY “
Definisi CSR (Corporate Social
Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh
perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab
mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh
bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang
dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian
beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas
umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan
berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar
perusahaan tersebut berada.
Contoh : CSR PT PLN ( Persero )
PLN telah “berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai
media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga
listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang
berwawasan lingkungan”, PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek
dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Untuk itu, PLN
mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata
dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Sumber : http://www.pln.co.id/?p=129
Wewenang dan tanggung jawab Program Kemitraan dan Bina
Lingkungan (PKBL) dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT PLN (Persero),
mencakup di antaranya:
·
Menyusun
dan melaksanakan kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan
sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup
kegiatan Community relation, Community Services, Community Empowering dan
Pelestarian alam.
·
Menyusun
dan melaksanakan program kepedulian sosial perusahaan.
·
Menyusun
dan melaksanakan program kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra
perusahaan.
·
Memastikan
tersedianya dan terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan
upaya pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate
Governance.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar