Kamis, 28 November 2013

Tugas pengantar bisnis minggu 6


TUGAS MINGGU KE-6
NAMA KELOMPOK            :          
ANI FINDRIYANTI              (21213039)
                                                AULIA RAHMI                    (21213508)
YUNI RIDO ASIH                (29213594)     
KELAS                                   : 1EB20

1.      Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran !
Pasar adalah suatu kegiatan individu, sekelompok orang, atau organisasi dalam bentuk permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan,
Pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses perencanaan dan pelaksanaan dalam mempromosikan ataupun menawarkan barang dan jasa dengan konsep distribusi dan penentuan harga dari ide, barang, jasa dalam bentuk iklan atau media massa lainnya.

2.      Berikan contoh masing-masing 5 untuk :
-          Jenis pasar industri
-          Jenis pasar penjual
Contoh jenis pasar industri :
                                   ·          Pertanian
                                   ·          Pengusaha kapas
                                   ·          Industry batu bata
                                   ·          Pengusaha alat-alat rumah tangga
                                   ·          Pengusaha mebel
Contoh jenis pasar penjual :
                                   ·          Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam, dan lain-lain
                                   ·          Membeli sayuran dari para petani sayur lalu menjualnya di pasar
                                   ·          Membeli makanan ringan di grosiran dan menjualnya di warung-warung kecil
                                   ·          Penjual elektronik di mall
                                   ·          Membeli rumah lalu disewakan


3.      Jelaskan dengan satu contoh barang/jasa universal bagaimana memasarkannya (berdasarkan 4p) !

Pemasaran barang berdasarkan 4P
1.      Product ( produk ) : Handpahone

2.      Price ( Harga ) : Penentuan harga jual dapat diperkirakan dari biaya produksi + Laba yang di inginkan.
Contoh :    Harga Jual       = Biaya Produksi + Laba yang di inginkan
                  Rp. 2.500.000 = Rp. 2.000.000   + Rp. 500.000
              

3.      Place ( Tempat penyaluran distribusi ) :

a.       Penyaluran terpilih di daerah tertentu
b.      Barang elektronik

4.      Promotion ( Periklanan, Personal Selling, Sales Promotion ) :

Ø  Media periklanan :
a.       Surat kabar
b.      Majalah
c.       Radio
d.      Televise
e.       Pos langsung
f.       Brosur
g.      Edaran
h.      Spanduk
i.        Papan reklame

Ø  Personal selling :
Penjualan yang dilakukan dengan bertemu langsung kepada konsumen, melakukan pertukaran informasi dan menjelaskan produk yang ditawarkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan pihak yang bersangkutan, biasanya disebut sebagai sales ( tenaga penjual).




Ø  Sales Promotion :
Aktivitas  Promosi yang dilakukan oleh penjual untuk meningkatkan keuntungan dengan segera. Melakukan penjualan dengan langsung memeragakan produk yang ditawarkan.

4.      Sebutkan dan jelaskan 4 variabel buruan promosi !
a.       Advertising, yang berupa iklan diberbagai media massa
b.      Personal selling, merupakan tenaga penjual yang disiapkan untuk berkomunikasi langsung dengan pembeli untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pembeli
c.       Sales promotion, berupa daya tarik bagi konsumen dalam bentuk diskon, obral, hadiah, kupon undian dan lain sebagainya
d.      Direct marketing, merupakan suatu sistem pemasaran dimana organisasi tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan respom atau transaksi.

5.      Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran !
-          Memaksimalkan mutu atau kualitas hidup
-          Memaksimalkan pilihan
-          Memaksimalkan konsumsi
-          Pendekatan serba fungsi
-          Memaksimalkan kepuasan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4.1 Akuntansi Internasional & Perpajakan

A. KONSEP-KONSEP AWAL  Simpang siurnya undang-undang dan regulasi yang mengatur perpajakan perusahaan-perusahaan asing dan keuntungan...